Blogger Widgets

Minggu, 06 Oktober 2013

Education

KURIKULUM 2013????? Bagaimana denga guru TIK???

pemerintah tentunya memiliki niat untuk memperbaiki pendidikan guna mencapai pendidikan yang bermutu dan berkualitas di masa depan. Adanya niatan kurikulum baru, kurikulum 2013 tidak terlepas pada hal tersebut. Beberapa mata pelajaran mengalami perubahan. Ada mata pelajaran yang ditambah jam pelajarannya, ada pula mata pelajaran yang disatukan dengan mata pelajaran lain, ada juga yang bahkan dihilangkan seperti mata pelajaran Teknologi Informatika dan Komputer (TIK) baik di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sungguh mengagetkan TIK ini akan dihilangkan dan diganti dengan Prakarya serta diwajibkannya Pramuka. para guru TIK dibawah naungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) TIK mereka melakukan audensi ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Harapan tak jauh adalah untuk memunculkan kembali mata pelajaran tersebut dalam kurikulum 2013.
Persepsi pemerintah menghilangkan TIK, karena beranggapan bahwa para peserta sudah mengenal lebih jauh teknologi seperti pemanfaat komputer, internet dan telekomunikasi. Bagi masyarakat perkotaan hal tersebut memang bukan isapan jempol belaka, akan tetapi bagi daerah terpencil dan kehidupan keluarga yang ekonomi kebawah hal tersebut bisa dikatakan awam bahkan buta teknologi.
Alangkah bijaknya bila kurikulum 2013 yang digulirkan nanti bisa memahami apa yang ada dilapangan sekarang. Guru siap selalu atas adanya perubahan, tetapi guru juga tak pernah lelah untuk menerima kemajuan. Hilangnya TIK ini menjadi tantangan sendiri apakah para generasi masa depan bisa siap bersaing dengan minimnya ilmu yang embannya. Tantangan zaman penguasaan bahasa dan teknologi harus terus ditanamkan pada anak didik.
Wacana pemberlakuan kurikulum baru pada tahun pelajaran 2013/2014 mulai Juni 2013 berlaku untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa perubahan kurikulum ini akan berimbas pada perubahan standar kompetensi lulusan (kompas.com, 16 November 2012).
Beberapa perubahan pada Kurikulum Baru adalah:
 1. Jumlah mata pelajaran juga berkurang dari 12 mata pelajaran menjadi 10 mata pelajaran. IPA dan IPS tetap sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK), muatan lokal, dan pengembangan diri, ketiganya diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada. Muatan lokal masuk ke mata pelajaran Seni Budaya, Penjaskes, dan Prakarya, sedangkan TIK tidak akan berdiri sendiri tetapi menjadi media untuk semua mata pelajaran.
2. Durasi belajar di sekolah bertambah sebanyak enam jam pelajaran per minggu, dari 32 jam menjadi 38 jam di sekolah.
3. Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib
Perubahan yang akan diberlakukan kiranya dapat kita sikapi dengan bijak. Perubahan situasi dan kondisi menuntut perubaham kurikulum.
Nah, berikut adalah pokok-pokok dari kurikulum 2013 …
Terdapat beberapa perubahan mendasar dari  kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 Yaitu :
1. Penataan Pola Pikir
2. Pendalaman dan Perluasan Materi
3. Penguatan Proses
4. Penyesuaian Beban
Sedangkan elemen yang berubah antara lain
1. Standa Kompetensi Lulusan
2.  Standar Isi
3. Standar Poses
4. Standar Penilaian
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.  Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring
Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses hasil belajar menggunakan Penilaian autentik (Authentic Assessment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan


1 komentar:

Ads 468x60px

Social Icons

Cari Blog Ini

LIKE THIS

★Terimakasih harap like dan follow ny★