KURIKULUM 2013????? Bagaimana denga guru TIK???
pemerintah tentunya memiliki niat untuk memperbaiki pendidikan
guna mencapai pendidikan yang bermutu dan berkualitas di masa depan. Adanya
niatan kurikulum baru, kurikulum 2013 tidak terlepas pada hal tersebut. Beberapa
mata pelajaran mengalami perubahan. Ada mata pelajaran yang ditambah jam
pelajarannya, ada pula mata pelajaran yang disatukan dengan mata pelajaran
lain, ada juga yang bahkan dihilangkan seperti mata pelajaran Teknologi
Informatika dan Komputer (TIK) baik di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah
Menengah Pertama (SMP) hingga ke Sekolah Menengah Atas (SMA).
Sungguh mengagetkan TIK ini akan dihilangkan dan diganti dengan
Prakarya serta diwajibkannya Pramuka. para guru TIK dibawah naungan Musyawarah
Guru Mata Pelajaran (MGMP) TIK mereka melakukan audensi ke Dewan Perwakilan
Rakyat (DPR). Harapan tak jauh adalah untuk memunculkan kembali mata pelajaran
tersebut dalam kurikulum 2013.
Persepsi pemerintah menghilangkan TIK, karena beranggapan bahwa
para peserta sudah mengenal lebih jauh teknologi seperti pemanfaat komputer,
internet dan telekomunikasi. Bagi masyarakat perkotaan hal tersebut memang
bukan isapan jempol belaka, akan tetapi bagi daerah terpencil dan kehidupan
keluarga yang ekonomi kebawah hal tersebut bisa dikatakan awam bahkan buta teknologi.
Alangkah bijaknya bila kurikulum 2013 yang digulirkan nanti bisa
memahami apa yang ada dilapangan sekarang. Guru siap selalu atas adanya
perubahan, tetapi guru juga tak pernah lelah untuk menerima kemajuan. Hilangnya
TIK ini menjadi tantangan sendiri apakah para generasi masa depan bisa siap
bersaing dengan minimnya ilmu yang embannya. Tantangan zaman penguasaan bahasa
dan teknologi harus terus ditanamkan pada anak didik.
Wacana
pemberlakuan kurikulum baru pada tahun pelajaran 2013/2014 mulai Juni 2013
berlaku untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Mohammad Nuh mengatakan bahwa perubahan kurikulum ini akan berimbas pada
perubahan standar kompetensi lulusan (kompas.com, 16 November 2012).
Beberapa
perubahan pada Kurikulum Baru adalah:
1. Jumlah
mata pelajaran juga berkurang dari 12 mata pelajaran menjadi 10 mata pelajaran.
IPA dan IPS tetap sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative
social studies bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Mata pelajaran teknologi
informasi dan komunikasi (TIK), muatan lokal, dan pengembangan diri, ketiganya
diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada. Muatan lokal masuk ke mata
pelajaran Seni Budaya, Penjaskes, dan Prakarya, sedangkan TIK tidak akan
berdiri sendiri tetapi menjadi media untuk semua mata pelajaran.
2. Durasi
belajar di sekolah bertambah sebanyak enam jam pelajaran per minggu, dari 32
jam menjadi 38 jam di sekolah.
3. Pramuka
menjadi ekstrakurikuler wajib
Perubahan
yang akan diberlakukan kiranya dapat kita sikapi dengan bijak. Perubahan
situasi dan kondisi menuntut perubaham kurikulum.
Nah, berikut adalah pokok-pokok dari kurikulum 2013 …
Terdapat
beberapa perubahan mendasar dari
kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 Yaitu :
1. Penataan
Pola Pikir
2. Pendalaman
dan Perluasan Materi
3. Penguatan
Proses
4. Penyesuaian
Beban
Sedangkan elemen
yang berubah antara lain
1. Standa
Kompetensi Lulusan
2. Standar Isi
3. Standar
Poses
4. Standar
Penilaian
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam
pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam
pembelajaran sebagaimana dimaksud
meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring
Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Proses hasil belajar menggunakan Penilaian autentik (Authentic
Assessment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar
peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan
tetap semangat .... goodjob
BalasHapus