APLIKASI MULTIMEDIA BERBASIS
CD INTERAKTIF
jadi dengan ada nya Perkembangan ICT , kita mampu mengintegrasikan
suatu minat belajar dengan media-media dan aplikasi-aplikasi, untuk mencapai
tujuan belajar yang baik dan relevan. contoh nya dengan membuat CD INTERAKTIF
peserta didik cendrung lebih nyaman, dan penyampaian materi lebih mudah
dipahami.
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media
atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,
grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan
melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi. Di sini dapat
digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih
menarik.
Sumber lain
menyebutkan bahwa multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia
hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di
dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik
dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai
media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Ada juga yang
menyebutkan bahwa multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya
terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks,
graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk
mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan
bagi target audiens-nya. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan
seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari
kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan
katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk
menyampaikan sesuatu.
Multimedia
termasuk kombinasi bentuk konten dari teks, audio, gambar diam, animasi, video,
dan interaktivitas. Dengan kata lain, multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia
terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linear, dan multimedia
interaktif. Multimedia linear adalah
suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat
dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan),
contohnya TV dan film.
Multimedia
interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat
dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang
dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia digital printer interaktif adalah:
multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game dll.
Beberapa
definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
1. Kombinasi dari
paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
2. Alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
3. Multimedia
dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer
untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan
tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
4. Multimedia
sebagai perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan
video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
5. Multimedia
merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan
interaksi (Zeembry, 2008)
B.
PENGERTIAN
PEMBELAJARAN
Pembelajaran adalah perpaduan dari dua aktivitas, yaitu
aktivitas mengajar dan aktivitas belajar. Aktivitas mengajar menyangkut peranan
seorang guru dalam konteks mengupayakan terciptanya jalinan komunikasi harmonis
antara pengajar itu sendiri dengan si belajar.
Pembelajaran mengandung makna adanya
kegiatan mengajar dan belajar, di mana pihak yang mengajar adalah guru dan yang
belajar adalah siswa yang berorientasi pada kegiatan mengajarkan materi yang
berorientasi pada pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa
sebagai sasaran pembelajaran. Dalam proses pembelajaran akan mencakup berbagai
komponen lainnya, seperti media, kurikulum, dan fasilitas pembelajaran.
Darsono (2002: 24-25) secara umum
menjelaskan pengertian pembelajaran sebagai “suatu kegiatan yang dilakukan oleh
guru sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih
baik”. Sedangkan secara khusus pembelajaran dapat diartikan sebagai berikut
:
·
Teori Behavioristik, mendefinisikan
pembelajaran sebagai usaha guru membentuk tingkah laku yang diinginkan dengan
menyediakan lingkungan (stimulus). Agar terjadi hubungan stimulus dan respon
(tingkah laku yang diinginkan) perlu latihan, dan setiap latihan yang berhasil
harus diberi hadiah dan atau reinforcement (penguatan).
·
Teori Kognitif, menjelaskan pengertian
pembelajaran sebagai cara guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berfikir agar dapat mengenal dan memahami apa yang sedang dipelajari.
·
Teori Gestalt, menguraikan bahwa
pembelajaran merupakan usaha guru untuk memberikan materi pembelajaran
sedemikian rupa, sehingga siswa lebih mudah mengorganisirnya (mengaturnya)
menjadi suatu gestalt (pola bermakna).
·
Teori Humanistik, menjelaskan bahwa
pembelajaran adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih bahan
pelajaran dan cara mempelajarinya sesuai dengan minat dan kemampuannya.
Arikunto (1993: 12) mengemukakan “pembelajaran adalah
suatu kegiatan yang mengandung terjadinya proses penguasaan pengetahuan,
keterampilan dan sikap oleh subjek yang sedang belajar”. Lebih lanjut Arikunto
(1993: 4) mengemukakan bahwa “pembelajaran adalah bantuan pendidikan kepada
anak didik agar mencapai kedewasaan di bidang pengetahuan, keterampilan dan
sikap”.
C.
CD INTERAKTIF
CD interaktif adalah program interaktif yang dibuat untuk menyampaikan
informasi penting dimana user dapat menavigasikan program tersebut. kenapa
disebut CD karena media penyimpanannya mayoritas adalah sebuah kepingan CD. cd
interaktif harus bersifat Plug and Play dan jalan secara autorun. dari segi
fungsi dan tujuannya cd interaktif dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:
1.
CD interaktif Company Profile
2.
CD interaktif Pembelajaran
3.
CD interaktif tutorial
4.
CD interaktif simulasi
5.
CD interaktif Portofolio atau CV
6.
CD interaktif Katalog Product/ Product
Tour
7.
CD interaktif Wedding / Invitation
cd interaktif biasanya dibuat dengan program adobe flash,
adobe director, dan swishmax. dan cd interaktif mempunya extension EXE (windows
Executable)
0 komentar:
Posting Komentar